Friday 23 November 2012


Wheel Balancer : Keunggulan Honda CB150R yang luput dari perhatian

Bro, sebagai penunggang CBR150R pernah nggak perhatikan selama ini velg yang tersemat di motor mas bro semua? Ternyata ada kelebihan yang tidak dimiliki dengan motor sekelasnya.
Apakah itu ?
 
Semua produksi velg pada kendaraan bermotor tidak ada yang betul-betul 100% balance. Pasti ada yang tidak balance sehingga saat roda diputar secara pelan maka akan berhenti di titik tertentu. Nah untuk membuat velg mencadi balance maka dipasang timah di titik tersebut sebagai penyeimbang. Biasanya mobil-mobil jika mencapai km tertentu (biasanya 10.000km) wajib melakukan balancing. Efek balancing kurang terasa kalau kecepatan di bawah 100km per jam, tapi jika sudah lebih dari itu maka kestabilan kendaraan akan berkurang dan berbahaya.
 
Walau sederhana namun dengan memberi tambahan balancer maka perputaran roda lebih terkontrol dan lebih stabil. Hanya motor yang high performance yang wajib dipasangi wheel balancer seperti Ninja dan RGR, NSR dan sekarang CBR.
Coba perhatikan CBR150R mas bro, apakah sudah terpasang atau belum. Kalau belum berarti motor mas bro harus di-balancing dulu baru kemudian rasakan bedanya saat kecepatan di atas 100km/jam. Tapi jangan lupa full safety gear dan safety riding ya.
 
 
 

No comments:

Post a Comment